Talisman Energy Presentasikan Pengolahan Seismik Andaman III di Unsyiah

 

Perusahaan minyak dan gas Talisman Energy melalui anak perusahannya Repsol serta bekerjasama dengan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), mempresentasikan pengolahan teknis seismic 3 D dari Andaman III di ruang Balai Senat Universitas Syiah Kuala. (Kamis, 12/4).

Penjelasan teknis ini disampaikan langsung oleh Tim Ahli dari Kantor Pusat Repsol di Madrid, Spanyol. Mereka adalah Guillermo Marro, Rafael Mesquita dan Sylvere Depagne.

Rektor Unsyiah  Prof.Dr.Ir. Samsul Rizal, M.Eng dalam sambutannya mengatakan, presentasi ini menujukkan bahwa adanya peningkatan eksplorasi minyak dan gas di kawasan Aceh dalam beberapa tahun terakhir ini. Untuk itulah, Unsyiah mendukung hal tersebut dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Presentasi ini juga akan meningkatkan peran Unsyiah sebagai universitas lokal terkemuka di Aceh di sektor minyak dan gas,” ujar Rektor.

Rektor menambahkan, bahwa saat ini  beberapa investor memang tertarik untuk mengeksplorasi lebih banyak sumber daya minyak dan gas di Aceh. Misalnya, Kontraktor minyak dan gas Zaratech yang akan mengembangkan lapangan gas Peusangan B dekat Lhokseumawe.

Oleh sebab itu, menurut Rektor kegiatan ini bisa memberikan penjelasan lebih luas untuk memahami teknologi terbaru dalam eksplorasi Minyak & Gas.

“Kunjungan Talisman Energy ke Unsyiah ini sangat penting untuk mengkonkretkan kerjasama Industri - Universitas untuk pembangunan berkelanjutan yang saling menguntungkan di sektor minyak dan gas di khususnya di Aceh,” jelas Rektor.

Menurut Rektor, pengelolaan energi memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi sebab membutuhkan infrastruktur dan sumber daya manusia. Bahkan secara umum Energi sangat penting untuk mendukung kapasitas produktif dan industrialisasi.

Oleh  karena itu, Unsyiah pun berupaya untuk menyiapkan para lulusannya untuk siap terjun ke sektor energy ini. Misalnya dalam kasus energi fosil, saat ini Unsyiah memiliki tiga program studi, yaitu Program Studi Teknik Geofisika, Program Studi Teknik Pertambangan dan Program Studi Teknik Geologi

“Terkait  mengatasi masalah energi ini, maka menjadi penting bagi Unsyiah untuk menyediakan dan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas,” jelas Rektor.

Turut hadir dalam kegiatatan ini Dekan Fakultas Teknik Unsyiah Dr. Ir. Taufiq S., M.Eng dan Perwakilan Talisman Energy di Indonesia Zulfikar Imran.

Sumber : unsyiah.ac.id