Sosialisasi OJS Jurnal Geofisika

Program Studi Teknik Geofisika Univesitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) melakukan Sosialisasi OJS Jurnal Geofisika. kepada dosen, laboran, dan mahasiswa Teknik Geofisika Unsyiah.  Sosialisasi ini dilaksanakan di Balee Muasyarah Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala pada 6 Maret 2018.

Sebagai pemateri adalah Dr. Zulfakriza, editor Jurnal Geofisika HAGI sekaligus dosen Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung. Dalam materinya, Dr. Zulfakriza menyampaikan bahwa mahasiswa yang pernah mempublikasikan tulisannya ke dalam sebuah jurnal bisa menjadi modal yang sangat berharga saat mencari pekerjaan ataupun melanjutkan pendidikan ke S2 atau S3. Ia juga menyampaikan segala hal tentang publikasi ilmiah, mulai dari jenis-jenis publikasi ilmiah, bagaimana menulis karangan ilmiah yang baik hingga tips dan trik agar bisa karangan ilmiah bisa lulus dan di publish ke dalam jurnal.

Ia juga menyampaikan bahwa plagiat merupakan masalah yang sering kali dialami para penulis, hal ini tampak sepele namun bisa berdampak sangat besar. Banyak sekali contoh kasus yang dialami oleh para pelaku plagiat. Oleh karena harus ketika menulis sebuah karangan ilmiah, harus sangat berhati-hati dalam membuat sitasi. (iwd)