Seluruh Prodi telah terakreditasi, Jurusan Teknik Kebumian Unsyiah adakan syukuran

Jurusan Teknik Kebumian Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang terdiri dari program studi Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan dan Teknik Geologi  menggelar syukuran atas akreditasi BAN PT yang baru  saja didapat oleh ketiga program studi tersebut. Acara yang diselenggrakan pada 24 februari 2018 di Gedung Baru Fakultas Teknik dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Hizir Sofyan, Dekan Fakultas Teknik Dr.Taufiq Saidi, M.Eng, dosen, staff, mahasiswa dan alumni ketiga program tersebut, serta tamu undangan lainnya.

Program studi Teknik Geofisika berhasil meraih akreditasi dengan nilai A, Teknik Pertambangan dengan nilai B, dan Teknik Geologi dengan nilai C. Teknik Geofisika Unsyiah juga menjadi program studi Geofisika ke empat yang mendapatkan nilai A di Indonesia, setelah Geofisika Universitas Gadjah Mada, Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung , dan Teknik Geofisika Universitas Lampung.

Ketua jurusan Teknik Kebumian sekaligus merangkap sebagai Koordinator Prodi Teknik Geofisika, Marwan,M.T menyampaikan rasa syukurnya atas akreditasi yang didapatkan oleh ketiga program studi. Terutama sekali kepada Teknik Geofisika yang berhasil mendapatkan akreditasi tertinggi.

  ”Khusus untuk Teknik Geofisika, ini sebuah kesuksesan, ini menjadi satu-satunya program studi yang berhasil melakukan lompatan akreditasi, dari C menjadi A di Unsyiah. Teknik Geologi ini cobaan, mohon bersabar semoga geologi juga dapat melompat mengikuti Abangnya. Teknik Pertambangan semoga kedepannya juga bisa A” ungkap Dr.Hizir dalam sambutannya. Selain itu ia juga berpesan kepada mahasiswa bahwa ada 3 hal yang didapatkan selama kuliah. Pertama, kemampuan bahasa asing dalam hal ini bahasa Inggris. Kedua, kemampuan komputasi, programming, dan IT. Dan yang ketiga adalah kemampuan berorganisasi, yang akan menjadi modal setelah lulus nanti.

Lompatan akreditasi Teknik Geofisika dari C menjadi A merupakan sejarah baru di kampus Jantong Hatee Rakyat  Aceh, pasalnya belum ada program studi di Unsyiah yang menyamai pencapain tersebut. Pencapaian Teknik Geofisika tersebut berhasil menyamai pencapaian akreditasi Universitas Syiah Kuala yang juga berhasil melakukan lompatan akreditasi C menjadi A pada tahun 2015 yang lalu.

 Acara ditutup dengan makan siang bersama dengan seluruh civitas, mahasiswa, alumni, dan tamu undangan,  dengan sajian utama makanan khas Aceh Kuah Beulangong. Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antara civitas, mahasiswa maupun alumini di lingkup Teknik Kebumian maupun Unsyiah. (iwd)