Teknik Geofisika Unsyiah

Profile PSTG

Program Studi Teknik Geofisika Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (selanjutnya disingkat menjadi PSTG) telah didirikan melalui SK Rektor Universitas Syiah Kuala No. 296, Tanggal 04 Maret Tahun 2011 sebagai tanggapan terhadap ketersediannya sumber daya manusia bidang kebumian. Pada saat ini, beberapa alumni PSTG telah bekerja pada beberapa instansi, sebagian lainnya melanjutkat studi ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Secara umum, bidang pekerjaan yang diharapkan untuk seorang alumni PSTG adalah process engineering, research and development, dan consultancy service. Selain ketiga kelompok pekerjaan tersebut, banyak juga lulusan PSTG saat ini bekerja mandiri atau pada pekerjaan tak berkaitan dengan bidang ilmunya, yang membutuhkan semangat kewirausahaan dan kemampuan manajemen yang baik. Hal ini terjadi seiring dengan perubahan environmental settings yang sangat cepat selama dekade terakhir.

Pada tahun 2014 PSTG telah mendapat akreditasi C berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI No. 396/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 yang berlaku sejak tanggal 11 Oktober 2014 sampai dengan 10 Oktober 2019. Kemudian pada akhir tahun 2017 telah menyusun dokomen reakreditasi BAN-PT dan pada Januari 2018 mendapat peningkatan hasil akreditasi menjadi A. Akreditasi tersebut berlaku sampai Januari 2023 dengan berdasarkan SK, No. 371/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018. Saat ini, selain telah memiliki 3 laboratorium, PSTG juga memiliki beberapa unit pendukung yaitu: Unit Ruang Baca, Unit Pusat Komputer FT, Unit Bimbingan dan Konseling, Unit Publikasi, Carier Development Center (CDC), laboratorium lapangan, dan Unit Mushalla Baitul Masna. Dalam menghadapi tantangan utama di bidang sains dan teknologi, pemerintah merencanakan tercapainya peningkatan ekonomi dan sosial sejalan dengan perubahan paradigma pendidikan tinggi. Untuk itu PSTG telah menyusun misi dan visi-nya sesuai dengan tuntutan perubahan.

Visi PSTG-Unsyiah adalah menjadi pusat unggulan keilmuan Teknik Geofisika yanginovatif, mandiri dan terkemukabertaraf internasional dalam pendidikan, pengkajian, dan pengembangan metode-metode geofisika untuk pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana pada tahun 2026. Sedangkan Misinya adalah menghasilkan sarjana Teknik Geofisika yang menguasai konsep fisika dan kebumian. Mampu menerapkan metode - metode geofisika baik dari aspek akuisisi, pengolahan dan interpretasi data. Berperan aktif dan bersinergi dalam bidang ilmu kebumian. Berkontribusi dalam pengaplikasian ilmu geofisika baik secara konsep dan metode.

Menghasilkan SDM yang berdaya saing tinggi di pasar kerja nasional maupun internasional.

Rumusan visi ini merupakan konsistensi turunan dari visi yang telah ditetapkan Unsyiah. Konsistensi tersebut telah dilakukan melalui perubahan visi misi PSTG pada Sepetember 2018 untuk menyesuaikan (inline) dengan visi misi Fakultas Teknik dan Universitas Syiah Kuala. Perubahan visi misi tersebut telah melibatkan para stakeholder sebagai pihak eksternal yang terdiri dari Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), PT. Antam Tbk, PT. Mifa Bersaudara, Dinas ESDM Provinsi Aceh, BMKG Mata Ie dan Alumni PSTG (IKA-TG). Sedangkan dari pihak internal turut terlibat pimpinan Fakultas, para staf pengajar dan perwakilan mahasiswa. 

 PSTG memiliki jumlah mahasiswa aktif sebanyak 210 orang terhitung dari tahun ajaran 2015-2018 dan telah meluluskan sarjana pertama kali sejak Mei 2015 dan memiliki jumlah lulusan sampai saat ini 177orang.