Visi dan Misi

Mempertimbangkan berbagai isu yang berkembang (environmental settings), Prodi Teknik Geofisika (JTG) menetapkan visi sebagai berikut:

Menjadi pusat unggulan keilmuan Teknik Geofisika bertaraf internasional dalam pendidikan, pengkajian, dan pengembangan metode-metode geofisika untuk pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana pada tahun 2025”.

 

Untuk mewujudkan visi tersebut, Prodi Teknik Geofisika mempunyai misi:

Misi umum Program Studi Geofisika adalah :

  1. Menghasilkan sarjana Teknik yang berkualitas,
  2. Berperan aktif dalam mengisi dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan eknologi,
  3. Meningkatkan apresiasi masyarakat pada
  4. Mendukung perkembangan ilmu terapan di lingkungan Unsyiah.

 

Sedangkan misi khusus Program Studi Geofisika adalah:

1.Menghasilkan sarjana Geofisika yang menguasai konsep fisika dan kebumian,

2.Mampu menerapkan ilmu geofisika untuk mengetahui bumi bawah permukaan, baik dari aspek akuisisi, pengolahan dan interpretasi dasar seluruh metode geofisika,

3.Berperan aktif dan bersinergi dengan bidang ilmu kebumian lain yang terkait,

4.Berkontribusi dalam upaya meningkatkan ilmu kegeofisikaan, baik secara metodis maupun substantif.

TUJUAN

Program Studi Geofisika FT Unsyiah bertujuan untuk menghasilkan sarjana Geofisika dengan kompetensi Geofisika yang kuat. Berdasarkan tujuan tersebut maka lulusan Teknik geofisika diharapkan bermanfaat untuk:

  1. Menyediakan sumberdaya manusia yang mempunyai keahlian kuat dalam bidang Geofisika.
  2. Menghasilkan peneliti, akademisi, dan praktisi yang mempunyai daya saing tinggi dalammengembangkan, mengaplikasikan, dan mensinergikan ilmu Geofisika dalam pengelolaan potensi SDA.
  3. Membantu pemerintah dalam upaya pengelolaan SDA, perencanaan wilayah, bencana alam/geologi, dan sektor lain yang terkait secara komprehensif dan terintegrasi dengan bidang lain.
  4. Membangun peran serta para ahli Geofisika dalam pengembangan ilmu, pengelolaan sumberdaya alam renewable maupun non renewable, dan pengelolaan potensi bencana alam/geologi, baik nasional maupun internasional.