Teknik Geofisika Unsyiah

Pelatihan Analisis Data Seismologi

Untuk mengkaji aktifitas seismik di Aceh dan sekitarnya, BMKG Aceh memerlukan mitra seperti Universitas Syiah Kuala untuk melakukan kajian dan memantau aktifnya Bumi Aceh akibat kondisi geologinya. Saat ini, telah terbentuk sebuah pusat penelitian Universitas Syiah Kuala yaitu Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) yang bersama dengan BMKG secara aktif melakukan kajian di bidang seismologi di wilayah Sumatera. Dalam memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) terkait hal tersebut, TDMRC bekerja sama dengan BMKG secara aktif memberikan pelatihan seismologi kepada publik, akademis, researcher dan lainnya. Dalam hal ini, Program Studi Teknik Geofisika USK bekerja sama dengan BMKG Aceh dan University of Postdam, Germany mengadakan Pelatihan Analysis Data Seismology. Dari kegiatan ini, peserta diharapkan dapat memahami konsep dasar dari pada seismologi, data processing, analysis dan interpretasi. Pelatihan ini dilakukan selama 6 hari pada tanggal 13 – 18 September 2021 dan diisi oleh 3 pemateri, yaitu Aulia Khalqillah M.Si dari HAGI Konwil Aceh, Andrean Simanjuntak M.Si dari BMKG Mata Ie dan Dr. Sebastian Heimann dari University of Postdam. Pelatihan ini melingkupi teori dasar seismologi, akuisisi data, pengolahan data, analisis dan interpretasi. Pelatihan ini dilakukan secara hand-on practice menggunakan phyton-based software Pyrocko.

 

Untuk mengkaji hal-hal tersebut, BMKG memerlukan mitra seperti Universitas Syiah Kuala untuk melakukan kajian dan memantau aktifnya Bumi Aceh akibat kondisi geologinya. Saat ini, telah terbentuk sebuah pusat penelitian Universitas Syiah Kuala yaitu Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) yang bersama dengan BMKG secara aktif melakukan kajian di bidang seismologi di wilayah Sumatera. Dalam memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) terkait hal tersebut, TDMRC bekerja sama dengan BMKG secara aktif memberikan pelatihan seismologi kepada publik, akademis, researcher dan lainnya. Dalam hal ini, Program Studi Teknik Geofisika USK bekerja sama dengan BMKG Aceh dan University of Postdam, Germany mengadakan Pelatihan Analysis Data Seismology. Dari kegiatan ini, peserta diharapkan dapat memahami konsep dasar dari pada seismologi, data processing, analysis dan interpretasi.

Lokakarya ini dihadiri oleh 97 peserta yang terdiri dari BMKG, TDMRC, ITB, STMKG, dan sebagian peserta diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa Teknik Geofisika USK. Kegiatan ini dihadiri oleh 3 pemateri yaitu Andrean Simanjuntak, M.Si dari BMKG Mata Ie, Aulia Khalqillah dari Himpunan Ahli Geofisika Indonesia Konwil Aceh, dan Dr. Sebastian Heimann dari University of Postdam. Pelaksanaan Lokakarya dapat disimpulkan bahwa kegiatan berjalan dengan lancer serta tidak lepas dari tujuan dasar dilakukannya kegiatan ini. Kegiatan diisi oleh 3 orang pemater dari instansi terkait. Seluruh pemateri memiliki pengalaman yang mumpunidalam bidang seismologi.