Teknik Geofisika Unsyiah

KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN PKKM PSTG

Kegiatan Kewirausahaan PKKM PSTG adalah kegaitan yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan skill mahasiswa dalam menjalankan suatu usaha sesuai dengan bidang minat yang diminat. Sehingga kegiatan Kewirausahaan PKKM PSTG menjadi penunjang dalam mendapatkan pekerjaan yang layak dan meningkatkan IKU PSTG dalam bidang persentasi mahasiswa PSTG yang menghabiskan 20 SKS diluar kampus. Salah satu bentuk kegiatan belajar di luar perguruan tinggi dari program MBKM adalah melakukan kegiatan kewirausahaan, yaitu dengan memberikan mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing serta diharapkan nantinya dapat menangani permasalahan pengangguran yang menghasilkan pengangguran intelektual dari kalangan sarjana. Oleh karena itu, sebagai upaya mendukung program MBKM tersebut, PSTG perlu melakukan reorientasi strategi pembinaan kegiatan mahasiswa agar lulusan dapat memiliki nilai keunggulan, sehingga dapat bersaing dalam level nasional maupun international. Untuk mencapai hal tersebut, pihak PSTG mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan usaha sesuai dengan bidang yang diminati.

 

Usaha-usaha yang telah dijalankan mahasiswa yang mengikuti program kewirahausahaan PKKM PSTG menjadi bagian dari penguatan implementasi MBKM PSTG. Dengan ada program Kewirausahaan MBKM ini menjadi suatu pengalamanan bagi mahasiswa sehingga nantinya menjadi modal untuk mendapatkan pekerjaan yang layak setelah menyelesaikan studinya di kampus. tahun 2020 IKU persentasi mahasiswa PSTG yang menghabiskan 20 SKS diluar kampus masih 0%. Tahun 2021 IKU Mahasiwa PSTG yang menghabiskan 20 SKS diluar kampus melebihi target 10%. Salah satu penunjang dalam meningkatkan IKU persentasi mahasiswa PSTG yang menghabiskan 20 SKS diluar kampus adalah kegitan kewirausahaan PKKM PSTG. Secara keseluruhan program MBKM selain menjadi suatu pengalaman bagi mahasiswa selama masih menempuh Pendidikan dikampus dalam meningkatkan skill untuk kedepan bisa menjadi modal dalam mendapatkan pekerjaan yang layak, program MBKM juga membantu dalam meningkatan IKU PSTG di tahun 2021.

Jumlah mahasiswa yang ikut Kegiatan Kewirausahaan PKKM PSTG adalah sebanyak 53 orang yang terbagi kedalam 11 kelompok wirausaha. dari sejumlah mahasiswa tersebut ada beberapa nahasiswa yang ikut dari luar PSTG sebagai anggota tim kelompok wirausaha Kegiatan Kewirausahaan PKKM PSTG sebagai bentuk penerapan kegiatan PKKM PSTG yang juga ikut bekerja sama dengan multidisiplin keilmuan dalam melaksanakan Kegiatan Kewirausahaan PKKM PSTG.