Teknik Geofisika Unsyiah

Bantuan/ Isentif Mahasiswa Magang Program MBKM

PSTG sedang menyusun kurikulum baru dengan rencana memasukkan 8 program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan magang adalah salah satu dari program MBKMnya. Kegiatan ini merupakan wujud pembelajaran mahasiswa di luar kampus dengan harapan memperoleh pengalaman dan wawasan terkait dunia usaha dan dunia kerja (DUDI). Hal ini bisa menjadi bekal dan sarana pengembangan diri mahasiswa dalam mempersiapkan diri bergabung dalam DUDI setelah menyelesaikan studi sarjananya. Untuk mengencourage mahasiswa mengikuti Program MBKM, PSTG memberikan apresiasi berupa bantuan/ insentif magang bagi mahasiswa yang terpilih dalam melaksanakan Program MBKM di luar kampus. Kegiatan ini sudah dilakukan untuk pendaftaran dan penyeleksian mahasiswa penerima isentif magang (Agustus 2021), pemantauan keberangkatan mahasiswa magang (September 2021) dan monitoring awal pelaksanaan kegiatan magang (30 September 2021). Sedangkan monitoring lanjutan, evaluasi dan pelalaporan akan dilakukan selanjutnya.

 

Peserta magang berjumlah 24 mahasiswa dengan instansi magang yang bervariasi mulai dari instansi pemerintah hingga instansi swasta, seperti: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Jakarta Pusat; Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi, Bandung; Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Bandung; Kementrian PUPR; Riau; Badan Nasional Pertanahan Kabupaten Karo, Sumatra Utara, PT Suwanda Karya Mandiri, Bandung, dan PT Bhawana Prasasta, Bandung. Jumlah dana bantuan/isentif yang diberikan kepada mahasiswa juga berbeda-beda tergantung pada lokasi instansi magangnya. Secara detil tercantum dalam SK Rektor Unibersitas Syiah Kuala No 166/UN11/KPT/2021 tentang penetapan bantuan/isentif dana mahasiswa pada kegiatan Program Kompetensi Kampus Merdeka Program Studi Teknik Geofisika

Pelaksanaan Kegiatan magang MBKM sejauh ini dapat disimpulkan berjalan dengan lancar dan inline dengan tujuan dasar dari kegiatan ini. Keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan ini melebihi target awal yang direncanakan oleh PSTG dimana menunjukkan tingginya minat mahasiswa terhadap pelaksanaan program magang MBKM ini. Namun demikian tidak bisa dipungkiri kondisi pandemi covid-19 menjadi kendala beberapa mahasiswa untuk diterima di beberapa instansi lainnya. Secara keseluruhan, mahasiswa melaksanakan magang pada DUDI di instansi-instansi yang erat kaitan keilmuannya dengan bidang ilmu geofisika.