Teknik Geofisika Unsyiah

HIMA-TG USK Lolos Full Pendanaan PHP2D 2021 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa. PHP2D merupakan program yang sangat bermanfaat baik untuk memajukan Desa dan Implementasi Kompetensi Mahasiswa di Masyarakat. Menumbuhkan rasa peduli Mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Mahasiswa/i Universitas Syiah Kuala, melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMA-TG) USK dengan beranggotakan tim sebanyak 10 orang dinyatakan berhasil lolos seleksi dan ditetapkan sebagai penerima Bantuan PHP2D Tahun 2021 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berdasarkan surat nomor 3521/E2/KM.09.01/2021.

Berikut daftar anggota tim PHP2D HIMA-TG USK:

1.     Nikmah Ramadani Fitri (NIM. 1804107010012)

2.     Alda Rozana (NIM. 1804107010015)

3.     Fiqa Miftahunnisa (NIM. 1804107010017)

4.     Safa Tasya Nabila (NIM. 1804107010011)

5.     Alfi Sunny Tutifla (NIM. 1804107010021)

6.     Riko (NIM. 1904107010019)

7.     Sulthan Khairullah Bahruddin (NIM. 1904107010020)

8.     Zamna Fauzan (NIM. 1904107010006)

9.     Putri Aulia Mufadillah (NIM. 1904107010037)

10.   Zihan Ireuneu Syarani (NIM. 1904107010001)

Dengan tema “Terwujudnya Mahasiswa Berdaya Saing Melalui Kolaborasi Dalam Pengembangan Masyarakat Desa di Era Industri 4.0”, maka Tim PHP2D HIMA-TG USK mengangkat judul "PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA JABOI DALAM PENGEMBANGAN GEOTOURISM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI".

Universitas Syiah Kuala melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMATG) pada Tahun 2019 telah melaksanakan kegiatan Program Hibah Bina Desa (PHBD) di Desa Jaboi. Kegiatan yang dilakukan berupa pengembangan papan informasi geowisata geothermal dengan menggunakan teknologi 3D barcode dan video promosi wisata untuk 8 lokasi destinasi. Namun minimnya tingkat pengetahuan masyarakat terkait dengan teknologi yang digunakan berdampak pada konten promosi yang tidak terupdate dengan baik. Kondisi pandemic Covid-19 juga telah memberikan dampak yang besar bagi keberlanjutan program. Selain itu, kondisi pandemic telah memberikan dampak yang besar bagi dunia pariwisata terutama masyarakat yang pendapatan utamanya dari kegiatan pariwisata. Namun pandemic yang mulai terkontrol menjadi momentum yang tepat untuk pemulihan perekonomian masyarakat.

Kondisi permasalahan di atas dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang terintegrasi pada setiap lokasi destinasi wisata dan website promosi, sebagai upaya pengembangan masyarakat desa di Era Industri 4.0. Pemberdayaan masyarakat dilakukan secara intensif dan komunikatif dalam pengelolaan sistem informasi berupa pembuatan konten website dan video promosi, yang akan memudahkan touris dalam mendapatkan informasi terakait. Selanjutanya pelatihan ekonomi kreatif berupa pembuatan souvenir dan Teknik promosi dan penjualan secara online. Langkah ini diharapkan dapat menjadi momentum dalam pemulihan perekonomian masyarakat pasca pandemic covid19. Melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) ini, kami akan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang dalam pengembangan sistem informasi IT yang efektif dalam meningkatkan wisatawan lokal maupun luar negeri dan pertumbuhan ekonomi rumah tangga.

Besarnya potensi alam di Desa Jaboi berupa panorama yang indah seperti potensi panas dari gunungapi dan panorama laut yang indah belum mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat secara signifikan. Sehingga permasalahan dalam kegiatan PHP2D ini adalah bagaimana mengembangkan sumber daya manusia di Desa Jaboi yang mampu mengelola manajemen wisata berbasis teknologi informasi di Era Industri 4.0. Selain itu, bagaimana mengembangkan manajemen informasi yang terintegrasi dan ekonomi kreatif rumah tangga yang berkelanjutan.

Adapun manfaat yang di dapatkan dari kegiatan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Desa Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan baik pengetahuan maupun keterampila dalam pengelolaan wisata secara berkelanjutan. Selain itu, kegiatan PHP2D juga memberikan meningkatkan fasilitas public berupa papa informasi wisata pada setiap lokasi destinasi yang terintegrasi dengan teknologi informasi dan website. Kegiatan tersebut juga akan meningkatkan hubungan kerja sama antara Universitas Syiah Kuala sebagai Perguruan Tinggi, Pemerintah Desa dan Stackholder terkait. Sehingga akan mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat yang sangat berdampak dari pandemic COVID-19.

Pada 31 Juli 2021 telah dilaksanakannya program launching melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala, Dr. Alfiansyah Yulianur BC, Dosen Pendamping PHP2D 2021 HIMA-TG USK, Dr. Ir. Marwan, S.Si, M.T., IPM, dan Kepala Desa Jaboi, Rahmat beserta seluruh anggota tim PHP2D HIMA-TG USK. Bapak WR III USK secara resmi membuka kegiatan PHP2D 2021 HIMA-TG USK dan menetapkan Desa Jaboi sebagai salah satu desa binaan Universitas Syiah Kuala yang mana nantinya akan dilakukan kerja sama tingkat lanjut khususnya dibidang kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa Jaboi.