Teknik Geofisika Unsyiah

Geophysics Engineering Tour (GET) 2020

Dalam rangka meningkatkan skill dan kualitas Mahasiswa/i sebagai upaya konstribusi dalam dunia eksplorasi dan pemanfaatan sumber daya alam Indonesia,  Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMA-TG) Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan acara Geophysics Engineering Tour (GET) 2020. Acara ini merupakan salah satu program kerja dari bidang penelitian dari Teknik Geofisika dimana kegiatan ini berisi kegiatan-kegiatan dalam ranah eksplorasi geofisika. Kegiatan ini telah memberikan banyak pengalaman bermanfaat dalam memahami serangkaian permasalahan kegiatan survei geofisika di lapangan. Dari kegiatan survei di lapangan, pengolahan dan penyajian hasil dilakukan secara sistematis dan berlandaskan akademis. Kegiatan yang dilakukan meliputi akuisisi data, pemrosesan data serta interpretasi data dengan menggunakan metode-metode geofisika yang meliputi seismik refraksi, resistivity, gravity, magnetik, dan VLF.

Kegiatan “Geophysics Engineering Tour (GET) 2020” dengan tema “Survey TPA Blang Bintang Dengan Metode Geofisika Dalam Perencanaan Pembangungan TPA Yang Lebih Baik” diadakan pada Sabtu , 5 Desember 2020 – Sabtu, 12 Desember 2020 di TPA Blang Bintang, Aceh Besar.

Kegiatan GET memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Memberikan pengetahuan pada mahasiswa/i Teknik Geofisika agar dapat memahami prinsip-prinsip dasar dalam eksplorasi untuk mengungkap kandungan bawah permukaan baik dalam tahapan akuisisi, pemrosesan maupun intepretasi data
  2. Menambah wawasan mahasiswa/i Teknik Geofisika tentang metode-metode yang digunakan dalam eksplorasi
  3. Mempersiapkan mahasiswa/i Teknik Geofisika dalam menghadpi kondisi lapangan yang sebenarnya
  4. Hasil dari pengukuran yang dikerjakan oleh mahasiswa/i Teknik Geofisika berupa jurnal ilmiah yang nantinya akan memberikan informasi terkini kondisi sumber daya alam yang berada di Gampong Pulo, Lamteuba Kabupaten Aceh Besar.

 

Lampiran Dokumentasi Kegiatan: