Teknik Geofisika Unsyiah

Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika USK Hadirkan Seminar Potensi Diri

 

Menjadi mahasiswa tidak hanya sebatas duduk manis di kelas, juga bukan hanya mempelajari materi perkuliahan yang diberikan dosen di kampus. Kehidupan selama menjadi mahasiswa memiliki sangat banyak peluang maupun tantangan. Oleh karena itu, menjadi mahasiswa tidak hanya berorientasi pada materi pelajaran atau hard skill saja, melainkan harus diimbangi juga dengan soft skill yang baik.

Perlu untuk kita ketahui bersama, pendidikan di Indonesia apalagi jika hanya kegiatan perkuliahan saja, hal ini belum sepenuhnya tersinkronisasi dengan dunia pekerjaan. Seperti yang dikatakan oleh Mentri Pendidikan Indonesia yaitu Bapak Nadiem “Mahasiswa sekarang hanya berfokus pada kuliah saja, padahal mereka nantinya setelah lulus akan menghadapi lautan yang sangat luas”. Untuk menanggapi hal itu, tidak seharusnya kita sebagai mahasiswa hanya terfokus pada pencapaian nilai semata sehingga melupakan hal penting yang seharusnya juga kita pertimbangkan.

Salah satu caranya menyeimbangkan antara hard skill dan soft skill, mahasiswa dapat mengembangkan dirinya diluar kelas. Misalnya dengan mengikuti suatu organisasi kemahasiswaan, hal ini akan sangat bermanfaat, yaitu dapat memperluas jaringan (networking), meningkatkan wawasan, mengembangkan potensi diri dan menjadi pengalaman yang berharga sebagai bekal setelah lulus nanti.

Untuk menanggapi permasalahan seperti itu, Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMA-TG) USK yang dipanitiai oleh mahasiwanya sendiri mengadakan program kerja yaitu Geofisika Talk (G-Talk) dengan judul “Capacity Building” guna memotivasi mahasiswa yang nantinya akan lulus dan terjun di dunia kerja.

Geofisika Talk (G-Talk) ini adalah sebuah seminar yang telah diadakan pada hari Sabtu, tanggal 14 Maret 2020 lalu. Seminar ini diadakan secara langsung di Keude Kupi Aceh (KKA) yang dimulai pada pukul 16.15 WIB dan selesai pada pukul 18.00 WIB.

Panitia juga mengundang narasumber untuk berbagi pengalaman dan saling berdiskusi dengan seluruh peserta yang mengikuti seminar ini mengingat cukup banyak mahasiswa yang tertarik dan hadir untuk mengikuti seminar ini. Panitia mengundang Founder dari Pesawatkertas.id yaitu Fahry Purnama sebagai narasumber. Sangat banyak hal bermanfaat yang disampaikan oleh narasumber untuk dijadikan pelajaran dan motivasi kedepannya.

 

“Setiap orang memiliki potensi yang sama untuk sukses. Perbedaannya adalah seberapa besar motivasi mampu mengalahkan setiap hambatan”

Yukk, selalu semangat mengasah potensi diri sendiri!