Teknik Geofisika Unsyiah

Fauziah Ridwan Mahasiswi Program Studi Teknik Geofisika Menjadi Perwakilan Indonesia untuk Mengikuti Istanbul Youth Summit (IYS) 2021

 

Fauziah Ridwan mahasiswi Program Studi Teknik Geofisika menjadi perwakilan Indonesia untuk mengikuti Istanbul Youth Summit (IYS) 2021. Istanbul Youth Summit merupakan KTT Internasional yang diselenggarakan oleh Youth Break The Boundaries Foundation. Konferensi dilaksanakan pada 22-25 Maret 2021 di Istanbul, Turki. Dalam konferensi yang bertema ‘Public Leadership through The Crisis’ memiliki 6 sub tema yaitu Education, Government, Economy, Environment, Social, and Public Health. Tema tersebut akan dibahas dalam beberapa kelompok yang beranggotakan pemuda dari seluruh dunia.

Kegiatan ini berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan pemuda untuk mempersiapkan pemimpin masa depan yang berintegritas. Syarat yang diperlukan untuk menjadi delegasi ini adalah membuat essay berbahasa inggris. Setelah dinyatakan lolos Fauziah membuat proposal ke Jurusan dan kemahasiswaan dan disambut baik oleh Universitas Syiah Kuala.

Fauziah bersama anggota kelompok lain mendiskusikan proyek sosial dengan subtema Public Health bernama “WHY (We Hear You)”. Program ini merupakan konsultasi mental ilness yang dilakukan secara daring kepada masyarakat. Fokusnya untuk memberikan kesadaran dan pengetahuan pentingnya persiapan diri khususnya kesehatan mental ketika terjadi krisis.

 

Selain mendiskusikan proyek sosial, di dalam konferensi ini juga didatangkan pembicara yang luar biasa diantaranya kedutaan besar indonesia yang berada di turki, spesial staff presiden Indonesia, representatif beasiswa YTB, dan lain-lain. Banyak hal yang didapat setelah mengikuti konferensi ini seperti wawasan.

Fauziah berpendapat “Langkah- langkah kecil mulai dirintis agar impian terlihat realistis, termasuk mengikuti kegiatan Konferensi Internasional ini. Pengalaman yang saya dapatkan setelah kegiatan pastinya dalam wawasan dan komunikasi, serta relasi dalam ruang lingkup internasional.” Fauziah menyampaikan pesan kepada mahasiswa lainnya untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya selagi menjadi mahasiswa serta berani untuk mengambil keputusan. Tuhan akan membuka jalan asal usaha dan doa yang konstan.