Sambangi RIAB, HIMA-TG laksanakan Seminar Kebencanaan

Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMA-TG)  Universitas Syiah Kuala mengadakan seminar dan simulasi kebencanaan dalam balutan kegiatan Geophysics Standby Disaster (Geoster) di Aula MAS Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) pada Sabtu,  25 November 2017. Kegiatan yang mengusung tema ”Kuat di Tanah Rentan” merupakan wujud kepedulian HIMA-TG Unsyiah kepada siswa-siswa tingkat menengah mengenai pendidikan kebencanan.

”Kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya kami lakukan Tahun lalu kami adakan di MAN MODEL, tahun ini kita adakan di RIAB. Kebetulan saya juga alumni RIAB” tutur M.Aidil Rizki dalam kata sambutannya selaku Ketua HIMA-TG Unsyiah yang diikuti dengan tepuk tangan dari para peserta.

Pemateri ini diisi oleh Dr.Didik Sugiyanto,S.Si,M.T dari Teknik Geofisika Unsyiah serta Capt.Supriyadi A.md dan Dedi Wahyudi,Spd dari BASARNAS.

Dalam materinya, Dr.Didik Sugiyanto,S.Si ,M.T menyampaikan bahwa wilayah Aceh ini merupakan daerah yang rawan gempa dan tsunami, karena Aceh terletak di kawasan patahan. Sebelum gempa dan 2004 yang lalu, Aceh sudah mengalami tsunami.  Hal ini dibuktikan dengan adanya istilah ”ie beuna” dalam masyarakat Aceh dan ”Smong” dalam masyarakat Simeuleu. Kedua istilah tersebut merujuk kepada Tsunami. Namun karena siklus tsunami Aceh memiliki rentang waktu ratusan tahun, banyak masyarakat lupa, sehingga ketika tanda-tanda tsunami muncul banyak yang tidak menyelamatkan diri secepatnya. Inilah yang menyebabkan banyak sekali korban jiwa.

Capt.Supriyadi ,Amd dalam materinya menyampaikn bahwa dalam setiap keluarga perlu dibuat kesepakatan titik kumpul ketika bencana. Banyak kejadian orang tua mencari anak maupun anak mencari orang tua malah mengakibatkan kemacetan dijalan, sehingga ketika bencana datang banyak yang tidak sempat menyelamatkan diri. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa P3K, senter, radio, makanan dan air harus dimiliki oleh setiap rumah.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan simulasi menghadapi gempa yang diikuti oleh siswa-siswi MAS RIAB dan dipimpin oleh Dedi Wahyudi, S.Pd.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian doorprize kepada peserta,pemberian plakat kepada pemateri dan MAS RIAB oleh  HIMA-TG dan juga pemberian buku oleh BASARNAS. (iwd)