HIMA-TG UNSYIAH gelar Seminar Nasional

Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMA-TG)  Universitas Syiah Kuala menggelar Seminar Nasional dengan tema "Optimizing oil and gas exploration for sustainable energy in Indonesia".  Seminar ini berlangsung pada 6 Oktober 2017, di Gedung Mahkamah Syariah Aceh. Dalam laporannya, ketua panitia M. Fadhil Ayyasy meyampaikan bahwa saat ini industri minyak dan gas sedang menurun,  maka dengan mengikuti kegiatan ini rekan-rekan akan tahu bagaimana mencari sumber-sumber energi baru di Indonesia terutama minyak dan gas.

Acara ini dibuka langsung oleh Dr.Ir.Mirza Irwansyah,MBA.MLA Dekan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. "Harus ada kerjasama antara perusahaan dan mahasiswa, agar mahasiswa kita tidak kalah saing dengan mahasiswa yang lain" ujarnya.

Pemateri dalam seminar ini adalah Presiden Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI) Rusalinda Raguwanti dan Said Sabbeq (Reservoir Geophyscist di Pertamina UTC).

Dalam materinya Rusalinda mengatakan bahwa turunnya harga gas merupakan sebuah siklus, jadi ada masa dimana harganya turun namun nantinya akan kembali naik. Kita harus mempersiapkan diri untuk beralih ke energi terbarukan,  karena energi fosil punya jangka waktu yang lama kelamaan akan habis. Sebagai seorang Geofisikawan selain kemampuan akademik,  kemampuan non akademik seperti kemampuan komunikasi,  interpersonal,  outdoor skills dan sebagainya merupakan faktor yang sangat penting dalam persaingan dunia kerja terutama di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini.

Pemateri kedua,  Said Sabbeq menyampaikan apa saja metode geofisika dan bagaimana penerapannya di lapangan. Beberapa metode yang dijelaskan adalah Metode Seismik,  Metode Gravity, Metode Nuklir dan Metode Magnetk.

Di akhir acara didakan penggalangan dana oleh MRI (Mayarakat Relawan Indonesia) untuk korban genosida di Rohingya. Selain itu juga diumumkan pemenang Olimpiade Geosains 2017 yang telah diselenggarakan satu hari sebelumnya di Gelanggang Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Juara 1 diraih oleh Said M. Iqbal dari SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh,  juara 2 Salsabila Thahirah dari SMA TNA Fatih Putri,  dan juara 3 diraih oleh M. Fathurizkullah dari SMAS Fatih Bilingual School. (iwd)