Teknik Geofisika Unsyiah

Bantuan/ Isentif Mahasiswa Magang Program MBKM

PSTG sedang menyusun kurikulum baru dengan rencana memasukkan 8 program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan magang adalah salah satu dari program MBKMnya. Kegiatan ini merupakan wujud pembelajaran mahasiswa di luar kampus dengan harapan memperoleh pengalaman dan wawasan terkait dunia usaha dan dunia kerja (DUDI). Hal ini bisa menjadi bekal dan sarana pengembangan diri mahasiswa dalam mempersiapkan diri bergabung dalam DUDI setelah menyelesaikan studi sarjananya. Untuk mengencourage mahasiswa mengikuti Program MBKM, PSTG memberikan apresiasi berupa bantuan/ insentif magang bagi mahasiswa yang terpilih dalam melaksanakan Program MBKM di luar kampus. Kegiatan ini sudah dilakukan untuk pendaftaran dan penyeleksian mahasiswa penerima isentif magang (Agustus 2021), pemantauan keberangkatan mahasiswa magang (September 2021) dan monitoring awal pelaksanaan kegiatan magang (30 September 2021). Sedangkan monitoring lanjutan, evaluasi dan pelalaporan akan dilakukan selanjutnya.

Read more...

KEGIATAN GEOSTART UP PKKM PSTG

Kegiatan GEOSTART UP PKKM PSTG adalah kegaitan yang bertujuan untuk meningkatkan daya pikir dari mahasiswa agar lebih mandiri dalam mengembangkan karirnya baik itu yang berkaitan dengan kampus ataupun kegiatan yang dilakukan di luar kampus dan juga untuk mengasah skill mahasiswa dalam menjalankan suatu kegiatan yang mereka tekuni. Sehingga kegiatan GEOSTART UP PKKM PSTG menjadi penunjang dalam mendapatkan pekerjaan yang layak dan meningkatkan IKU PSTG dalam bidang persentasi mahasiswa PSTG yang menghabiskan 20 SKS diluar kampus.

Read more...

KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN PKKM PSTG

Kegiatan Kewirausahaan PKKM PSTG adalah kegaitan yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan skill mahasiswa dalam menjalankan suatu usaha sesuai dengan bidang minat yang diminat. Sehingga kegiatan Kewirausahaan PKKM PSTG menjadi penunjang dalam mendapatkan pekerjaan yang layak dan meningkatkan IKU PSTG dalam bidang persentasi mahasiswa PSTG yang menghabiskan 20 SKS diluar kampus. Salah satu bentuk kegiatan belajar di luar perguruan tinggi dari program MBKM adalah melakukan kegiatan kewirausahaan, yaitu dengan memberikan mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing serta diharapkan nantinya dapat menangani permasalahan pengangguran yang menghasilkan pengangguran intelektual dari kalangan sarjana. Oleh karena itu, sebagai upaya mendukung program MBKM tersebut, PSTG perlu melakukan reorientasi strategi pembinaan kegiatan mahasiswa agar lulusan dapat memiliki nilai keunggulan, sehingga dapat bersaing dalam level nasional maupun international. Untuk mencapai hal tersebut, pihak PSTG mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan usaha sesuai dengan bidang yang diminati.

Read more...

Joint Supervision Bersama QS100 Nanyang Technology University (NTU)

Workshop GMTSAR merupakan kegiatan pelatihan yang dibuat sebagai upaya penguatan publikasi dosen yang dilakukan melalui Joint Supervision Bersama dengan Universitas QS100 Nanyang Technology University (NTU). Pelatihan GMTSAR dipilih sebagai tool yang dapat digunakan dalam processing data satelit InSar yang dapat dimanfaatkan untuk analisis deformasi permukaan dari aktivitas gempa gempa, gunungapi dan tanah longsor. Selain itu penggunaan data satelite memberikan kemudahan dalam penelitian kelas dunia secara global yang memeliki hasil yang berkualitas yang memenuhi kelayakan dalam publikasi internasional dengan impact factor tinggi. Penguatan riset yang kolaborasi dengan Universitas QS100 menjadi upaya penguatan perguruan tinggi dalam menapai Indikator Kinerja Universitas (IKU). Kegiatan workshop GMTSAR dilaksanakan secara hybrid, di UPT. Mitigasi Bencana, Universitas Syiah Kuala dari tanggal 20 November sampai 5 Desember 2021. Untuk pemateri dari dalam workshop Dr. Shengji Wei dan Dr. Rino Salman. Sedangkan pemateri dari internal Dr. Muksin sekaligus ketua konwil HAGI Aceh.

Read more...