Teknik Geofisika Unsyiah

Gravity dan Geram 2022 Dilaksanakan Secara Bersamaan

 

 

Dalam rangka menumbuhkan rasa kepedulian antar keluarga besar Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala (USK), Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMA-TG) kembali gelar kegiatan Geophysics Bhirtday Party (Gravity) pada Minggu, 17 April 2022, di Aula Permata Hati Hotel and Convention Center, Banda Aceh. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Grvity dilaksanakan bersamaan dengan Gema Ramadhan (Geram) yakni mengusung tema “Menguatkan Rasa Solidaritas dalam Memaknai Kebersamaan di Bulan Ramadhan.”

 

Kegiatan Gravity ini ditujukan sebagai bukti rasa syukur atas hari jadi Program Studi Teknik Geofisika (PSTG) di Universitas Syiah Kuala (USK), menjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang harmonis di dalam keluarga besar (PSTG), serta menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap Teknik Geofisika.

 

Adanya penampilan video dokumenter PSTG, sharing serta penyampaian trek record prestasi yang telah di capai alumni melalui Ikatan Alumni Teknik Geofisika (IKTG), tentunya memberikan motivasi kepada para mahasiswa teknik geofisika untuk lebih semangat, aktif, dan kreatif dalam menjalanai masa-masa perkuliahan.

 

Adapun Geram kali ini merupakan kegiatan lanjutan dari bakti sosial di Panti Asuhan Penyantun Islam Seutui, Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh yang sudah dilaksanakan pada 16 April 2022 kemarin. Melalui rangkaian kegiatan seperti tausiah, sholat magrib berjamaah, dan buka puasa bersama, diharapkan dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. serta meningkatkan ukhuwah baik itu antar mahasiswa, alumni, laboran, pegawai maupun dosen di Teknik Geofisika USK.

 

Usai sholat magrib berjamaah, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng (nasi kuning) dan makan bersama yang dipimpin langsung oleh Kepala Prodi Tenik Geofisika USK, Dr. Muhammad Isa, S.Si. M.Si dan Muhammad Alfaiz selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika 2022, sebelum diakhiri dengan pembacaan doa serta foto bersama.

 

Berikut beberapa dokumentasi selama kegiatan berlangsung:

 

 

 

HIMATG Gelar Bakti Sosial Ramadhan di Panti Asuhan Seutui Banda Aceh

Sabtu 16 April 2022, Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMA-TG) Universitas Syiah Kuala (USK) gelar Bakti Sosial Ramadhan di Panti Asuhan Penyantun Islam yang berlokasi di Seutui, Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh pukul 15.00 sampai 20.00 WIB. Kegiatan ini mengusung tema “Menjalin Silaturahmi dengan Berbagi Kebahagiaan di Bulan Suci Ramadhan bersama Anak Panti.”

 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Syaifuddin selaku pimpinan panti asuhan, “Salam hormat kepada Himpuanan Mahasiswa Teknik Gofisika USK, senang sekali melihat adek-adek semua bisa menjadi bagian kami dalam bakti sosial ini. Terimakasih juga karena sudah memilih kami dalam bakti sosial kali ini. Semoga kemurahan hati adek-adek semua dibalas berkali-kali lipat oleh Allah SWT. Kami berharap dengan kegiatan ini anak-anak disini bisa jadi termotivasi untuk belajar agar bisa kuliah seperti kakak dan abang-abangnya disini.”

 

Panti Asuhan yang didirikan oleh Alm. H. Tgk. Zaini Bakri ini dihuni sekitar 70 orang anak yatim piatu, laki-laki dan perempuan. Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan dari beberapa anak panti, mereka dominan sedang menginjak bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), serta beberapa anak sedang menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD).

 

Deny Bagus Pratama, selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa bakti sosial ini tidak hanya berupa kegiatan kebersihan, melainkan ada beberapa rangkaian kegiatan lainnya. “Kami dari HIMA-TG ingin bersilaturahmi dengan adek-adek disini. Kegiatan ini ada bakti sosial, games, sharing session, pembagian hadiah, sedikit santunan, dan buka bersama.” Ujar Deny

 

Dengan adanya bakti sosial, sharing session mengenai perkuliahan serta games yang dipandu oleh panitia, anak-anak panti diharapkan jadi lebih semangat dan produktif sambil menunggu waktu berbuka puasa.

 

Muhammad Al-Faiz, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika juga turut berhadir dalam kegiatan ini, “Alhamdulillah, dari HIMA-TG ada sedikit kelebihan uang dan kami ingin bersosialisasi kepada adek-adek disini. Harapan kami, semoga adek-adek disini dapat menerima manfaat dari kegiatan ini.” ujarnya.

 

Melalui kegiatan seperti ini diharapkan dapat menumbuhkan kepribadian dengan kepedulian sosial mahasiswa geofisika USK, memperluas wawasan, dan pengalaman serta melatih kepemimpinan.

Berikut beberapa dokumentasi selama kegiatan: