Laboratorium Geofisika Reservoir dan Modeling

Laboratorium geofisika reservoir dan modeling merupakan laboratorium yang fokus pada aplikasi ilmu geofisika pada reservoir baik itu reservoir geotermal maupun reservoir minyak dan gas serta aplikasi pemodelan untuk menggambarkan struktur bawah bumi. Pemodelan yang dilakukan yakni menggunakan metode gravity, magnetik, magnetotelluric, VLF, geolistrik, dan seismologi.

Riset area:

  • karakteristik reservoir
  • integrasi geofisika reservoir
  • signal dan image processing
  • pemodelan pada geotermal, hidrologi, arkeologi, migas, serta kegempaan

Gambar model 2D MT pada daerah geotermal

 

Gambar peta anomali Bouger metode gravity

Laboratorium Seismologi dan Dinamika Kerak Bumi

Laboratorium Seismologi dan Dinamika Kerak Bumi pada program studi Teknik Geofisika Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala memiliki fungsi sebagai penunjang pendidikan dan penelitian yang berkaitan dengan penjalaran gelombang seismik dari sumbernya yang berupa gempa bumi. Deskripsi topik penelitian pada Laboratorium Seismologi dan Dinamika Kerak Bumi meliputi penjalaran gelombang seismik, magnitude gempa bumi, relokasi gempa bumi, dan gerakan permukaan tanah. Studi mekanisme yang berkaitan dengan gempa besar dan gempa kecil. Penjalaran gelombang gempa atau seismik struktur bawah permukaan dapat bisa diestimasi dengan menggunakan metode mikrotermor, tomografi, atenuasi temografi dan distribusi lokasi gempa bumi.

Pemetaan lokasi gempa sangat di perlukan untuk mitigasi bencana, dalam proses perencaan pembangunan di masa depan untuk mengurangi resiko bencana. pemetaan terkait dengan gempa bumi selama ini telah di lakukan oleh program studi teknik geofisika di beberapa lokasi;

Gambar diatas merupakan Lokasi instalasi Seismometer di Provinsi Aceh yang di lakukan oleh Dosen di Program Studi Teknik Geofisika

 

Persiapan dan Instalasi Seismograf

 

 

Laboratorium Geofisika Eksplorasi dan Near Surface

pijopop

Laboratorium Geofisika Eksplorasi dan Near Surface

 Laboratorium Geofisika Eksplorasi dan Near Surface secara umum adalah fasilitas penunjang kegiatan akdemik dan penelitian yang berkaitan dengan geofisika eksplorasi dan near surface.  Aktivitas penelitian yang berkaitan dengan  Eksplorasi dan Near Surface menggunakan beberapa metode yang ada dalam ilmu geofisika, diantaranya; metode elektromagnetik, metode magnetik, metode gaya berat (gravity), metode seismik, resistivitas, dll.

Kajian yang berkaitan :

  1. Eksplorasi Mineral

  2. Eksplorasi air tanah (ground water)

  3. Eksplorasi Geothermal

  4. Survei / kajian geoteknik

  5. Survei / kajian Lingkungan

  6. Survei / kajian Arkeologi, dan

  7. Mitigasi Bencana