Panduan KKP PSTG Unsyiah

Kuliah Kerja Praktik, selanjutnya disingkat dengan KKP, adalah mata kuliah wajib yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala dengan cara mengikuti proses secara langsung pada instansi/lembaga sasaran KKP. Hasil kegiatan KKP ditulis dalam bentuk laporan KKP. KKP mempunyai beban kredit sebesar 2 SKS, setara dengan 192 jam efektif (setara 1 bulan). 

KKP dilaksanakan di instansi/lembaga pemerintah atau swasta, pada bidang yang terkait dengan penerapan ilmu Geofisika. Bidang-bidang tersebut tidak dibatasi, sejauh relevan dengan prodi/jurusan asal mahasiswa dan sesuai minat mahasiswa. 

 

Tujuan Instruksional Umum  

Setelah mengikuti mata kuliah KKP mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di dunia kerja, misalnya di bidang manajemen, organisasi, dan proses kerja. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu menggunakan konsep, prinsip dan prosedur yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditekuninya, untuk membantu memecahkan masalah di instansi/lembaga sasaran KKP. 

 

Tujuan Instruksional Khusus  

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan manajemen, organisasi dan proses kerja institusi/lembaga sasaran KKP.  

2.     Mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan baik dan terlibat secara aktif dalam proses kerja di institusi sasaran KKP.  

3.     Mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan yang dimiliki dan membantu memecahkan masalah yang mungkin dihadapi institusi/lembaga sasaran KKP sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya.  

4.     Mahasiswa mampu melaporkan dan menjelaskan hasil kegiatan selama mengikuti KKP baik secara tertulis dan/atau lisan, mencakup manajemen dan organisasi, sistem kerja, proses produksi dan tugas khusus yang dikerjakan pada institusi/lembaga sasaran KKP

 

Attachments:
Download this file (PANDUAN KKP.pdf)Panduan KKP PSTG Unsyiah[ ]1722 Kb