Geofisika Sains Kebumian

 

Kuliah bidang minat Sains Kebumian adalah suatu tujuan PSTG Unsyiah untuk menghasilkan lulusan dengan pengetahuan akademis yang menyeluruh dan profesional, selain itu juga untuk mengembangkan dan menerapkan oseanografi, ilmu atmosfer, dan seismologi dalam bidang geohazard. Untuk mencapai tujuan tersebut maka kurikulum PSTG unsyiah membuka mata kuliah yang berkaitan dengan topik – topik dibawah ini;

 

Ilmu Gempa Bumi

Siswa diarahkan untuk mempelajari fisika bumi. Ada penekanan khusus pada mempelajari isu-isu yang berkaitan dengan gempa bumi akibat aktivitas seismik tinggi di Indonesia dan geofisika kelautan yaitu untuk mengembangkan prospek sumber daya kelautan non-terbarukan.

 

Oseanografi

Oseanografi disebut oseanologi atau ilmu kelautan, adalah cabang ilmu Bumi yang mempelajari samudra atau lautan. Ilmu ini mencakup berbagai topik seperti organisme laut dan dinamika ekosistem; arus samudra, gelombang, dan dinamika cairan geofisika; tektonik lempeng dan geologi dasar laut, dan arus berbagai zat kimia dan fisika di dalam lautan dan perbatasannya.

 

Sains Atmosfer

Siswa diarahkan untuk penilaian fisik dan dinamis atmosfer dalam rangka memecahkan masalah iklim dan cuaca. Ada penekanan khusus pada mempelajari isu-isu yang berkaitan dengan benua maritim Indonesia yang membentuk daerah konvektif yang aktif.

 

Selain itu peralatan yang ada pada PSTG Unsyiah dinilai juga sudah sangat mendukung kegiatan penelitian pada bidang minat Sains Kebumian.