Geofisika Migas

 

Kuliah Bidang Minat (KBM)Minyak dan Gas Bumi, merupakan salah satu bidang minat yang ada di program studi Teknik Geofisika Unsyiah. KBM Minyak dan Gas Bumi bertujuan untuk menciptakan lulusan dengan kemampuan akan dunia Migas baik secara akademisi maupun profesional, hal ini sesuai dengan Visi dan Misi program studi Teknik Geofisika Unsyiah. Demi terwujudnya  hal tersebut, Teknik Geofisika Unsyiah telah memiliki mata kuliah yang berhubungan dengan dunia migas yaitu,

1.      Geologi Minyak dan Gas (GEOMIGAS)

Siswa diajarkan mengenai bentuk geologi dari suatu cekungan Migas, tidak hanya itu saja siswa juga diajarkan tentang cara pembacaan data log (petrofisika) yang berfungsi untuk mengetahui sifat fisis dari suatu jenis batuan yang berhubungan dengan Migas.

2.      Seismik Refraksi dan Refleksi

Siswa diajarkan mengenai sifat-sifat dari pemantulan gelombang seismik yang merupakan salah satu metode utama yang digunakan untuk mendeteksi adanya Migas.

3.      Gravity dan Magnetik

Siswa diajarkan untuk mengetahui sifat densitas maupun suseptibiitas yang terdapat pada batuan, tidak hanya itu saja siswa diajarkan aplikasi metode tersebut pada dunia Migas khususnya proses eksplorasi Migas.

4.      Interpetasi Seismik

Siswa diajarkan untuk menganalisis data penampang seismik yang memiliki output untuk mengetahui struktur yang memungkinkan tersimpan nya Hidrokarbon.

Tidak hanya ini saja masih banyak mata kuliah yang berhubungan dengan dunia Minyak dan Gas yang tersedia di program studi Teknik Geofisika. Untuk memenuhi hal tersebut Program Studi Teknik Geofisika telah memiliki alat-alat yang mendukung untuk menciptakan lulusan yang berkompeten secara profesional.