Geofisika Geothermal

 

Kuliah Bidang Minat (KBM) Geothermal, merupakan salah satu bidang minat yang ada di program studi Teknik Geofisika Unsyiah. KBM Geothermal bertujuan untuk menciptakan lulusan dengan kemampuan akan dunia Geothermal baik secara akademisi maupun profesional, hal ini sesuai dengan Visi dan Misi program studi Teknik Geofisika Unsyiah. Demi terwujudnya  hal tersebut, Teknik Geofisika Unsyiah telah memiliki mata kuliah yang berhubungan dengan dunia Geothermal yaitu,

1.      Vulkanologi dan Geothermal

Siswa diajarkan untuk mengetahui proses-proses yang ada pada sistem gunung api, terutama yang berhubungan langsung dengan Geothermal.

2.      Eksplorasi Panas Bumi

Siswa diajarkan untuk memahami tahapan-tahapan dalam proses eksplorasi panas bumi, hal ini bertujuan agar siswa mengetahui secara benar proses eksplorasi pada dunia panas bumi.

3.      Geokimia

Siswa diajarkan sifat-sifat kimia yang ada pada sistem panas bumi, hal ini bertujuan agar siswa mengetahui unsur-unsur kimia yang ada pada panas bumi.

Tidak hanya ini saja masih banyak mata kuliah yang berhubungan dengan dunia Geothermal yang tersedia di program studi Teknik Geofisika. Untuk memenuhi hal tersebut Program Studi Teknik Geofisika telah memiliki alat-alat yang mendukung untuk menciptakan lulusan yang berkompeten secara profesional.