Geofisika Sains Kebumian

 

Kuliah bidang minat Sains Kebumian adalah suatu tujuan PSTG Unsyiah untuk menghasilkan lulusan dengan pengetahuan akademis yang menyeluruh dan profesional, selain itu juga untuk mengembangkan dan menerapkan oseanografi, ilmu atmosfer, dan seismologi dalam bidang geohazard. Untuk mencapai tujuan tersebut maka kurikulum PSTG unsyiah membuka mata kuliah yang berkaitan dengan topik – topik dibawah ini;

 

Ilmu Gempa Bumi

Siswa diarahkan untuk mempelajari fisika bumi. Ada penekanan khusus pada mempelajari isu-isu yang berkaitan dengan gempa bumi akibat aktivitas seismik tinggi di Indonesia dan geofisika kelautan yaitu untuk mengembangkan prospek sumber daya kelautan non-terbarukan.

 

Oseanografi

Oseanografi disebut oseanologi atau ilmu kelautan, adalah cabang ilmu Bumi yang mempelajari samudra atau lautan. Ilmu ini mencakup berbagai topik seperti organisme laut dan dinamika ekosistem; arus samudra, gelombang, dan dinamika cairan geofisika; tektonik lempeng dan geologi dasar laut, dan arus berbagai zat kimia dan fisika di dalam lautan dan perbatasannya.

 

Sains Atmosfer

Siswa diarahkan untuk penilaian fisik dan dinamis atmosfer dalam rangka memecahkan masalah iklim dan cuaca. Ada penekanan khusus pada mempelajari isu-isu yang berkaitan dengan benua maritim Indonesia yang membentuk daerah konvektif yang aktif.

 

Selain itu peralatan yang ada pada PSTG Unsyiah dinilai juga sudah sangat mendukung kegiatan penelitian pada bidang minat Sains Kebumian.

 

Geofisika Pertambangan

Geofisika Pertambangan merupakan salah satu bidang minat Prodi Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala. Bidang ilmu geofisika merupakan ilmu bumi yang menggunakan prinsip-prinsip fisika dalam mempelajari bumi. Dengan mempelajari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan penyusun bumi, dapat diketahui kondisi di bawah permukaan bumi melalui pengukuran di atas permukaan. Data hasil pengukuan ini kemudian diolah dan dianalisa lebih lanjut untuk mendapatkan informasi kondisi di bawah permukaan bumi. dalam berbagai skala dan sudut pandang berbeda, ilmu geofisika dapat diaplikasikan secara luas seperti untuk kepentingan eksplorasi mineral dan bahan tambang lainnya.

            Seluruh aspek-aspek akademik yang mendukung dalam mempelajari aplikasi ilmu geofisika untuk eksplorasi tambang yaitu bidang minat geofisika pertambangan. Hampir semua metode-metode geofisika dapat dimanfaatkan untuk eksplorasi mineral dan bahan tambang, mulai dari metode magnetik, geolistrik, gravity, seismik bahkan sampai metode elektromagnetik. Begitu juga dengan distribusi mata kuliah pada Prodi Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala yang terkait seperti mata kuliah Geofisika Pertambangan, Mekanika Batuan, dan Eksplorasi Geofisika.

            Fasilitas yang juga turut mendukung bidang minat geofisika pertambangan ini yaitu dengan tersedianya Laboratorium Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala yang memiliki keterkaitan dalam proses pembelajaran. Diantaranya Laboratorium Geofisika Reservoir dan Modeling, serta Laboratorium Geofisika Eksplorasi dan Near Surface.

 

Geofisika Geothermal

 

Kuliah Bidang Minat (KBM) Geothermal, merupakan salah satu bidang minat yang ada di program studi Teknik Geofisika Unsyiah. KBM Geothermal bertujuan untuk menciptakan lulusan dengan kemampuan akan dunia Geothermal baik secara akademisi maupun profesional, hal ini sesuai dengan Visi dan Misi program studi Teknik Geofisika Unsyiah. Demi terwujudnya  hal tersebut, Teknik Geofisika Unsyiah telah memiliki mata kuliah yang berhubungan dengan dunia Geothermal yaitu,

1.      Vulkanologi dan Geothermal

Siswa diajarkan untuk mengetahui proses-proses yang ada pada sistem gunung api, terutama yang berhubungan langsung dengan Geothermal.

2.      Eksplorasi Panas Bumi

Siswa diajarkan untuk memahami tahapan-tahapan dalam proses eksplorasi panas bumi, hal ini bertujuan agar siswa mengetahui secara benar proses eksplorasi pada dunia panas bumi.

3.      Geokimia

Siswa diajarkan sifat-sifat kimia yang ada pada sistem panas bumi, hal ini bertujuan agar siswa mengetahui unsur-unsur kimia yang ada pada panas bumi.

Tidak hanya ini saja masih banyak mata kuliah yang berhubungan dengan dunia Geothermal yang tersedia di program studi Teknik Geofisika. Untuk memenuhi hal tersebut Program Studi Teknik Geofisika telah memiliki alat-alat yang mendukung untuk menciptakan lulusan yang berkompeten secara profesional.

 

 

Geofisika Teknik dan Lingkungan


https://prosoilgp.files.wordpress.com/2011/08/frontpage.jpg

 

Geofisika Teknik dan Lingkungan merupakan salah satu bidang minat yang banyak diminati oleh mahasiswa Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala. Hal ini terlihat dari banyaknya topik penelitian mahasiswa yang dipilih berkaitan dengan bidang tersebut. Bidang minat ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan mata kuliah Geofisika Teknik dan Lingkungan yang merupakan mata kuliah wajib di semester 6. Kemudian bidang ini juga didukung oleh fasilitas Laboratorium Geofisika Eksplorasi dan Near Surface yang sudah dilengkapi dengan alat-alat geofisika yang berhubungan dengan bidang keteknikan dan lingkungan tersebut.

Geofisika Teknik dan Lingkungan merupakan metode investigasi kondisi bawah permukaan secara non-destruktif dengan mengukur, memproses, menganalisa dan menginterpretasi sifat fisisnya di permukaan. Aplikasi yang digunakan adalah pada bidang keteknikan dan lingkungan. Adapun metode-metode  geofisika yang berkaitan dengan bidang minat ini yaitu metode GPR (Ground Penetrating Radar), metode seismik, metode geolistrik, metode magnetik dan metode gravity.

Aplikasi metode geofisika dalam bidang keteknikan yaitu metode GPR (Ground Penetrating Radar) yang dapat digunakan untuk pemetaan utilitas dibawah permukaan, identifikasi kerusakan pondasi jembatan, keretakan suatu bangunan, dan kebocoran pipa. Kemudian metode seismik dapat digunakan untuk evaluasi kedalaman bedrock, dengan metode geolistrik dapat digunakan untuk evaluasi kedalaman air tanah dan korosivitas tanah, dengan metode gravity dapat digunakan untuk identifikasi patahan, dan dengan metode magnetik dapat  digunakan untuk investigasi karakteristik geologi bawah permukaan dan menemukan void (ruang kosong dibawah permukaan).

Adapun aplikasi metode geofisika dalam bidang lingkungan yaitu metode GPR (Ground Penetrating Radar) yang dapat digunakan untuk identifikasi tangki yang terkubur dan investigasi dari bendungan, waduk, dan kanal. Kemudian metode seismik dapat digunakan untuk menemukan daerah yang sebelumnya pernah digali, dengan metode geolistrik dapat digunakan untuk pemetaan batas landfill (TPA), pemetaan intrusi air laut, dan identifikasi pola aliran geothermal, dan dengan metode magnetik dapat digunakan untuk menemukan benda ferromagnetic yang terkubur.

 

 

 

Geofisika Migas

 

Kuliah Bidang Minat (KBM)Minyak dan Gas Bumi, merupakan salah satu bidang minat yang ada di program studi Teknik Geofisika Unsyiah. KBM Minyak dan Gas Bumi bertujuan untuk menciptakan lulusan dengan kemampuan akan dunia Migas baik secara akademisi maupun profesional, hal ini sesuai dengan Visi dan Misi program studi Teknik Geofisika Unsyiah. Demi terwujudnya  hal tersebut, Teknik Geofisika Unsyiah telah memiliki mata kuliah yang berhubungan dengan dunia migas yaitu,

1.      Geologi Minyak dan Gas (GEOMIGAS)

Siswa diajarkan mengenai bentuk geologi dari suatu cekungan Migas, tidak hanya itu saja siswa juga diajarkan tentang cara pembacaan data log (petrofisika) yang berfungsi untuk mengetahui sifat fisis dari suatu jenis batuan yang berhubungan dengan Migas.

2.      Seismik Refraksi dan Refleksi

Siswa diajarkan mengenai sifat-sifat dari pemantulan gelombang seismik yang merupakan salah satu metode utama yang digunakan untuk mendeteksi adanya Migas.

3.      Gravity dan Magnetik

Siswa diajarkan untuk mengetahui sifat densitas maupun suseptibiitas yang terdapat pada batuan, tidak hanya itu saja siswa diajarkan aplikasi metode tersebut pada dunia Migas khususnya proses eksplorasi Migas.

4.      Interpetasi Seismik

Siswa diajarkan untuk menganalisis data penampang seismik yang memiliki output untuk mengetahui struktur yang memungkinkan tersimpan nya Hidrokarbon.

Tidak hanya ini saja masih banyak mata kuliah yang berhubungan dengan dunia Minyak dan Gas yang tersedia di program studi Teknik Geofisika. Untuk memenuhi hal tersebut Program Studi Teknik Geofisika telah memiliki alat-alat yang mendukung untuk menciptakan lulusan yang berkompeten secara profesional.