Calon Geofisikawan di Kejuaraan Nasional Arung Jeram

 

 

Mahasiswa geofisika tidak hanya berprestasi dalam bidang ilmu pendidikannya tetapi juga dalam bidang lain seperti bidang olahraga arung jeram atau biasa disebut rafting. Diah Swanty Br. Panggabean merupakan seorang mahasiswa yang aktif di UKM pecinta alam Universitas Syiah Kuala atau Leuser mulai menapakkan kakinya di cabang olah raga rafting.
Ia bergabung dengan tim yang telah dibuat oleh UKM Leuser dengan seorang pelatih pembimbingnya. Anggota timnya berjumlah sekian orang yang semuanya adalah mahasiswa UNSYIAH. Tim yang dibentuk ini mewakili Aceh dalam kejuaraan daerah maupun nasional.

Sebelum mengikuti kejuaraan, mereka dibekali dengan latihan-latihan khusus. Latihan yang diikutinya biasanya berupa latihan fisik seperti joging dan latihan menggunakan perahu karet arung jeram di sungai Lamnyong dan Geumpang. Ada juga materi yang diberikan sebagai ilmu dasar olahraga rafting sebagai bekal mengikuti perlombaan.

Diawali dengan mengikuti kejuaraan daerah di daerah gayo lues tanggal 5-9 oktober 2015. Tim sangingannya berjumlah 2 tim. Jalur sungai yang ditentukan sebagai lintasan perlombaan cukup deras arusnya karena sedang musim hujan. Akhirnya, timnya memenangkan  kejuaraan daerahnya dan bersiap menuju kejuaraan nasional.

Pada tanggal 25-29 Oktober 2015, kejuaraan nasional diselenggarakan di daerah Seibingei, langkat, Sumatera Utara. Dalam kejuaraan nasional, mereka melawan sekitar 9 tim dari Sumatera Utara, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat dsb. Sungai yang menjadi lintasan perlombannya cukup sulit karena terdapat banyak batu yang menghambat gerak.

 



Hasil akhirnya, tim putri dari Aceh ini memenangkan juara III dengan mendapat penghargaan dan sejumlah uang. Pemenang juara pertama dipegang oleh tim sumut dan juara kedua dipegang oleh tim DKI jakarta.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa ikut ekspebisi PON (pekan olahraga nasional), doakan ya” tambah Diah dalam wawancara.